Inilah 2 Obat Ayam Pilek yang Sangat Ampuh untuk Ayam Bangkok Kesayangan Anda

Inilah 2 Obat Ayam Pilek yang Sangat Ampuh untuk Ayam Bangkok Kesayangan Anda
Obat Ayam Pilek

Sabung Ayam Online – Pada saat musim pancaroba pada saat ini, kebanyakan ayam bangkok umumnya akan mengalami pilek. Penyakit pilek pada ayam bangkok kesayangan kita ini disebut oleh para ahli biasanya disebut dengan penyakit snot atau coryza. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Haemophillus galanarum pada saluran pernafasan ayam bangkok. Dan pada saat ayam bangkok kesayangan kita terkena panyakit ini, segera berikan obat ayam pilek kepada ayam kesayangan Anda.

Apabila kita mengingat angka kematian pada ayam bangkok dikarenakan penyakit yang satu ini sangatlah tinggi, yaitu bisa mencapai 30%, pemahaman mengenai cara pengobatan dan perawatan ayam bangkok yang mengalami sakit pilek ini harus dimiliki oleh kita. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap bagaimana cara membuat obet ayam pilek untuk ayam bangkok kesayangan kita.

Obat Ayam Pilek Super Ampuh Untuk Ayam Bangkok

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa saja yang biasa digunakan oleh para botoh tua, yang pertama kali yang harus kita ketahui adalah gejala-gejala yang bisa timbul pada ayam bangkok yang terkena pilek atau snotSabung Ayam Online

Ada juga gejala yang bisa timbul pada ayam bangkok yang terkena penyakit pilek ini berdasarkan pengalamn dari beberapa botoh tua, yaitu:

  • Mata dan hidung ayam bangkok akan mengeluarkan cairan kental yang berwarna kuning dan akan mengeluarkan bau yang khas.
  • Ayam bangkok akan terlihat mengantuk, sayapnya akan turun dan akan terlihat menggantung.
  • Akan terlihat adanya pembengkakan pada sekitar sinus infra orbita.
  • Nafsu makan ayam bangkok akan terkurang dan juga pertumbuhannya akan terhambat.
  • Ayam bangkok akan mengorok dan juga terlihat kesulitan untuk bernafas.

Setelah kita pahami gejala-gejala apa saja yang diakibatkan ayam bangkok yang terserang penyakit pilek ini, ayam bangkok bisa diobati dengan menggunakan obat ayam pilek dari jenis tradisional herbal yang bisa dibuat sendiri atau menggunakan obat pilek khusus ayam yang biasanya dijual di warung-warung. Akan tetapi, sebelum mengobati ayam bangkok yang terserang penyakit pilek ini, sebaiknya Anda mengkarantina ayam bangkok yang sakit. Letakan ayam yang sakit di kandang yang berbeda agar penyakit pilek ini tidak menular kepada ayam-ayam lain yang sehat. Sabung Ayam Online

1. Obat Ayam Pilek Tradisional
Mengobati ayam bangkok yang terserang pilek ini bisa menggunakan bahan tradisional yang banyak juga disarankan oleh para botoh tua. Beberapa bahan yang umumnya digunakan tersebut antara lain, gula batu, kencur dan jahe. Pada pembuatan obat ayam pilek ini bisa menggunakan 2 resep, Anda bisa memilih 1 diantara 2 resep obat pilek tersebut.

Resep pertama untuk membuat obat pilek ini adalah dengan cara mencampurkan 150 gram tepung beras, 100 gram kencur yang sudah ditumbuk halus, dan 1 jempol jahe yang sudah diparut terlebih dahulu. Semua bahan tersebut dicampurkan secara merata lalu bentuk menjadi pil dengan ukuran sebesar biji jagung. Lalu jemur pil herbal tersebut dan berikan 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari sebagai obat ayam pilek yang mujarab.

Resep obat ayam pilek selanjutnya adalah dengan cara merebus 5 jari jahe dalam seliter air. Lalu campurkan dengan 5 sendok makan gula merah, kemudian didihkan air rebusan gula merah tersebut selama 20 menit. Sari air jahe tersebut bisa dicampurkan pada air minum ayam bangkok yang sedang sakit pilek. Sabung Ayam Online

2. Obat Ayam Pilek Kemasan
Cara mengobati ayam bangkok yang terserang penyakit pilek ini bisa menggunakan obat kemasan yang bisa dilakukan dengan cara memberikan preparat sulfat, contohnya yang bermerk dagang sulfadimethoxine atau sulfathiazole. Selain itu juga bisa diberikan antibiotik seperti imequil, ultramycin, atau corivit juga cukup efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab pilek snot ini.

Ada juga apabila kondisi pilek pada ayam bangkok ini sudah terlihat parah, Anda juga bisa memberikan suntikan Sulfamix dengan dosis yang rendah (0,4 cc/kg berat ayam) sebagai obat ayam pilek dengan efek yang paling mujarab. Pemberian obat ini bisa memberikan efek samping, seperti ayam bangkok akan menjadi lemas untuk beberapa hari ke depan.

Demikian artikel yang menjelaskan mengenai obat ayam pilek untuk ayam bangkok aduan kesayangan Anda. Dengan menyadari bahwa mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, para botoh tua sarankan untuk tetap rutin menjaga kebersihan dan juga kelembaban kandang ayam bangkok Anda terutama pada musim pancaroba pada saat seperti ini. Jangan lupa untuk tetap lakukan hal tersebut apabila Anda ingin semua ayam bangkok kesayangan Anda mati semua. Semoga bermanfaat. Sabung Ayam Online