Ayam Cemani Salah Satu Ayam Hias Dari Indonesia

Beritaayam.com Ayam Cemani adalah salah satu ayam yang khas dari Indonesia. Ciri khas ayam cemani adalah warnanya yang serba hitam. Bukan hanya bulunya, seluruh tubuh ayam cemani berwarna hitam. Harga ayam ini juga cukup fantastis, ayam cemani termahal yang pernah dijual seharga 40 juta rupiah.

ayam-cemani

Karena warnanya yang hitam biasanya ayam cemani digunakan untuk ritual yang aneh-aneh. Jika kamu seorang muslim, jangan pernah menjadikan ayam cemani sebagai bahan ritual karena hal itu dilarang agama. Ayam cemani seharusnya dijadikan sebagai ayam peliharaan atau ayam hias karena kekhasannya.

Banyak orang mungkin masih menyimpan pertanyaan tentang mengapa ayam cemani ini berwarna hitam legam? Memang, ayam cemani berbeda dengan ayam jenis lainnya, sehingga muncul berbagai mitos di masyarakat Indonesia. Padahal menurut sebuah penelitian, ayam cemani ini berwarna hitam legam karena adanya kondisi genetik unik yang biasa disebut fibromelanosis.

harga-telur-ayam-cemani

 

Warna tubuh boleh hitam, tapi tidak dengan telurnya. Telur ayam cemani mempunyai bentuk dan warna yang sama dengan telur pada umumnya, yakni berwarna putih tulang dan terdapat bintik merah muda. Saat telur dibuka dan dilihat bagian dalamnya, warnanya tetap sama dengan telur ayam lainnya. Saat embrio ayam cemani ini muncul, barulah warna hitam juga muncul.

Baca juga : Jenis-Jenis Ayam Hias Yang Ada Di Indonesia

ayam-cemani-cem-039

Populasi dari ayam cemani saat ini semakin menurun dan mulai langka. Data dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa jumlah ayam cemani di seluruh Indonesia hanya ada kurang lebih 3500 ekor. Penyebab turunnya populasi ayam ini adalah tingkat perkembang biakannya yang cukup terbatas dan ayam ini hanya dapat dibudidayakan di Indonesia.

Tidak hanya itu, menurunnya peternak ayam cemani di Indonesia juga menjadi penyebab utamanya. Hal inilah yang menyebabkan harga jual dari ayam ini menjadi sangat mahal.