3 Macam Penyakit Ayam Bangkok

Berita Ayam – 3 Macam Penyakit Ayam Bangkok 

Sebagai pemilik ayam bangkok petarung yang baik, kita dituntut untuk mengetahui berbagi hal mengenai ayam petarung. Salah satunya adalah mengenal macam-macam penyakit yang dapat menyerang ayam petarung.

Penyakit yang menyerang bisa datang kapan saja, pengaruhnya pun banyak. Faktor lingkungan sekitar pemeliharaan ayam bangkok yang kebersihannya tidak dijaga pun bisa. Bakteri,virus,parasit,jamur, dan protozoa dapat dengan mudah menyebar.

Jenis peyakit ayam dikategorikan dalam dua macam, ada yang menular dan ada yang tidak menular. Penyakit nya sendiri bisa membuat ayam menjadi tidak bisa bertarung bahkan sampai menimbulkan resiko kematian pada ayam itu sendiri.

Maka kita patut mengetahui ciri-ciri maupun macam-macam penyakit tersebut, diantara nya adalah :

penyakit-pullorum-2-638
Penyakit Pullorum
Penyakit jenis ini dapat menyebabkan kotoran yang dikeluarkan oleh ayam akan berubah menjadi warna putih. Jenis ini ditandai pada ayam yang tidak nafsu makan, sayapnya memerah. Gejala ini bisa disebabkan oleh kandang yang kurang bersih. Untuk mencegahnya cukup dijaga kebersihan kandang ayam dengan teratur. Dan jika sudah terkena penyakit ini, bisa memberikan obat jenis Tetrachlor sesuai dengan dosis.
Penyakit Ngorok
Kebanyakan ayam sudah pernah mengalami penyakit ngorok ini. Gejala nya adalah lubang hidung mengeluarkan lendir. Ketika bersuara maka akan terdengar serak, serta mata ayam yang akan sering berair. Bisa disembuhkan dengan cara alami menggunakan olahan kencur, dan bisa juga dengan dengan cara kimia seperti kapsul khusus ngorok.

Penyakit cacingan
Tidak hanya manusia, ayam pun bisa mengalami penyakit cacingan. Ditandai kondisi ayam yang akan melemah karena nutrisi nya diserap oleh cacing. Untuk mengatasinya cukup diberikan obat cacing yang rutin sesuai dengan dosis.